Laboratorium Hidrobiologi merupakan salah satu dari 15 laboratorium yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. adalah unit penunjang akademik yang dikelola dengan menggunakan bahan dan peralatan untuk melayani kegiatan  pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium ini dipergunakan sebagai sarana untuk pelaksanaan praktikum para mahasiswa, kegiatan di bidang penelitian dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bagi dosen dan tugas akhir bagi para   mahasiswa. Jenis layanan yang diberikan di Laboratorium Hidrobiologi terutama  bagi para mahasiswa dan dosen, yang lingkup bidang ilmunya hidrobiologi, yaitu ilmu yang mempelajari segala aspek biologi dari kehidupan organisme di air.

Sebagai bagian dari komponen perairan maka untuk mempelajari hidrobiologi tidak dapat lepas dari ekologi perairan, yaitu suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari kaitan antara organisme dengan lingkungan perairan di mana organisme tersebut hidup. Oleh karena itu Laboratorium hidrobiologi seringkali dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian tentang kualitas perairan baik dari segi biologi maupun dari segi kimia, dan fisika perairan.

Pada awalnya laboratorium ini (1999) bernama Laboratorium Ilmu-Ilmu Perairan dan Biologi, dan Ir. Wijarni sebagai Kepala Lab; setahun kemudian menjadi 2 Lab, yaitu Lab. Ilmu-Ilmu Perairan (Ir. Muhammad Musa, MS. sebagai Ka Lab), dan Lab Biologi Ikan ( Ir. Herwati Umi Subarijanti,MS sebagai Ka Lab.). Pada tahun 2003 laboratorium ini berubah menjadi Laboratorium Ichthyologi, yang Kepala Lab dipegang oleh Ir. Herwati Umi Subarijanti, MS. Akhirnya laboratorium ini berubah menjadi Laboratorium Hidrobiologi sampai dengan sekarang, sedangkan pimpinannya berturut-turut dipegang oleh: Ir. Diana Arfiati, MS, Ir. Mulyanto, MS., Ir. Muhammad Musa, MS; dan Prof. Ir. Marsoedi, PhD

Print Friendly